Selasa, 16 September 2014

Beda Tepung Sagu dan Tepung Tapioka

Apakah tepung sagu berbeda dengan tapioka?..Jawabannya..iya banget..jelas berbeda. Tepung sagu di buat dari batang pohon sagu yang di esktrak batang kayunya dan di endapkan sari patinya jadi tepung sagu . Sedangkan tapioka..di buat dari singkong..yang di parut / di haluskan..kemudian di endapkan sarinya..jadi dech tepung tapioka. Kalau di Jawa..tepung tapioka ini..di sebut juga tepung kanji. Tapi jangan di samakan juga ya..tepung kanji dengan tepung cassava,..kalau itu beda lagi..kalau itu singkong utuh yang di jadiin tepung..jadi semua bagian singkong..bukan cuma sari pati endapannya saja.
 
Walaupun berbeda..tapi fungsi tepung sagu dan tapioka ini bisa saling menggantikan kok..misal dalam pembuatan siomay..empek2..dll..jika tidak ada tepung sagu..aku selalu pakai tepung tapioka.
Hasilnya..no problemo..sama enaknya dengan pakai tepung sagu. Jadi..jika susah mencari tepung sagu di daerah teman2..don't worry..be happy.. ya..ganti aja dengan tepung tapioka / kanji...hihi.
 
Beda tepung sagu dengan tepung kanji apa ya?..Yang jelas..dari bahan yang berbeda..hihi. Tekturenya juga agak beda sedikit sich..kalau tepung kanji tuch warnanya putih bersih dan terasa lebih licin gitu tepungnya di banding tepung sagu. Warna tepung sagu juga agak putih gelap. Dan..dari segi harga juga lebih mahal sich tepung sagu...jadi kadang aku lebih suka pakai tepung tapioka..lebih ekonomis..hihi.
 
Oke..semoga sedikit info tentang tepung sagu dan tapioka ini bermanfaat ya teman2.
 
Tepung sagu yang beredar di pasaran, memang merknya masih terbatas..berbeda denga tepung tapioka yang banyak di kemas dengan brand2 tepung merk terkenal...seperti rosebrand dll. Salah satu kemasan tepung sagu yang aku tau yaitu merk Merapi ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar