Kamis, 16 Mei 2013

Pisang Merah Baik untuk Diet, Penyakit Jantung & Diabetes


Sobat IS, tahukah Anda jika pisang merah baik untuk diet maupun mencegah penyakit jantung dan diabetes? Jika melihat pisang yang berwarna kuning maupun hijau, Anda pasti tak asing dengan buah yang satu ini. Namun bagaimana dengan pisang merah, apakah Anda sering juga mengkonsumsinya? Pisang yang berwarna merah keunguan ini kaya akan serat dan baik bagi Anda yang sedang diet.
Pisang merah sangat jarang kita jumpai di Indonesia, namun bagi Anda yang berdomisili di Taiwan, Anda bisa mengkonsumsi buah ini sesering yang Anda mau. Hanya dengan mengeluarkan uang kurang lebih 96 NT, Anda sudah mendapat pisang 5 buah pisang merah besar seberat 1476 gram.  Pisang semacam ini bisa Anda jumpai di hypermart terdekat tempat Anda tinggal.
Rendah Kalori
Semua buah-buahan mempunyai asupan kalori yang rendah, termasuk pisang merah. Ini bagus bagi Anda yang sedang menerapkan program diet. Satu pisang merah ukuran sedang hanya mengandung 110 kalori.  Dengan mengkonsumsi pisang merah, Anda tak perlu kuatir menghitung berapa banyak kalori yang harus masuk ke tubuh agar program diet Anda terjaga, karena dengan mengkonsumsi pisang ini setiap hari sangat menguntungkan karena asupan kalorinya rendah.
Sumber Serat
Pisang merah dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan serat harian Anda. Satu pisang merah ukuran sedang, memiliki 4 g serat memenuhi 16 persen dari nilai harian serat yang diperlukan setiap hari. Serat adalah jenis karbohidrat tubuh Anda tidak dapat dicerna. Wanita membutuhkan sekitar 20 g serat per hari, dan pria membutuhkan 30 g per hari. Karena Anda tidak bisa mencernanya, serat memperlambat proses pencernaan. Hal ini membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mengontrol berat badan. Selain itu, menurut penelitian, pisang merah dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.
Sumber Kalium
Pisang merah adalah sumber potasium yang baik. Satu pisang ukuran sedang mengandung 400 mg, memenuhi 11 persen dari nilai harian yang Anda butuhkan. Kalium adalah mineral dan elektrolit. Anda perlu asupan kalium yang memadai untuk keseimbangan cairan dan elektrolit. Anda juga perlu kalium untuk fungsi jantung, kontraksi otot dan pencernaan.
American Heart Association merekomendasikan Anda memasukkan lebih banyak makanan kaya kalium dalam diet Anda karena dapat membantu menurunkan kadar tekanan darah lebih rendah. Namun makanan yang mengandung kalium tinggi tidak baik bagi Anda yang mempunyai riwayat sakit ginjal. Jika Anda ingin mengkonsumsi buah ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda mengenai kebutuhan harian yang Anda butuhkan.
Tinggi vitamin B6

Vitamin B-6 adalah vitamin larut dalam air yang dibutuhkan untuk metabolisme protein dan metabolisme sel darah merah. Ini baik untuk membuat hemoglobin.  Hemoglobin adalah protein yang mengandung zat besi di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Kekurangan vitamin B-6 dapat menyebabkan anemia. Pisang merah dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan harian Anda karena satu pisang merah ukuran sedang memenuhi 20 persen dari nilai harian untuk vitamin B-6.
Sumber Vitamin C

Pisang merah juga merupakan sumber vitamin C karena memenuhi 15 persen dari nilai harian Anda. Vitamin C merupakan vitamin larut dalam air yang penting bagi pertumbuhan, kekebalan tubuh dan produksi kolagen. Vitamin C juga antioksidan yang menawarkan perlindungan terhadap radikal bebas, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.
Nah, sobat IS jika Anda sudah mengetahui kayanya manfaat yang diberikan oleh pisang merah, tak ada salahnya jika Anda memasukkan pisang merah sebagai menu wajib buah yang patut dikonsumsi setiap hari. Mumpung masih tinggal di Taiwan, jadi Anda bisa membeli pisang merah dengan mudah, selamat mencoba. (*/ ml/ livestrong.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar