Rabu, 29 Oktober 2014

Suhu Oven



Tanya
Kalau di resep suka ditulis: oven sudah dipanaskan dengan suhu 160derajat atau 180 derajat celcius. Sementara aku ovennya masih oven aluminium ,yang ditaruh di atas kompor. Mengira-ngira besar apinya bagaimana caranya ya? maksudku, kalau api besar sampai berapa menit harus aku siapkan sebelumnya sampai kira-kira yang sesuai dengan suhu 160 atau 180 derajat celcius itu, atau ada hal-hal lain yang musti jadi perhatian juga?? 




Jawab
Tiap oven ( alumunium ) berbeda waktunya ( cepat panas atau tidak). Kita harus mengenali oven kita.
Pertama mungkin pakai api kecil ( ovenku dulu  apinya kudu kecil ) kalau kurang dibesarkan. Kalau aku dulu pertamanya api besar setelah panas ( 15 menit ) aku kecilkan.
Kuncinya kayaknya harus sering pakai,biar kenal dengan oven tsb.
Coba bikin kue dengan loyang yang pendek ( sekitar 4 cm ), biasanya paling 20 menit kue sudah matang.
-Lihat waktunya :
bila lebih 20' belum matang, besarkan sedikit.
Bila baru 15 menit sudah coklat banget berarti kegedean.
Lama-lama kalau sudah kenal, bisa feeling saja.
Indikator yang bisa dirasa, bila kue sudah harum langsung perhatikan kondisi kue ( berarti sudah mau masak ), saat itu buka tutup atas ( putaran yang ada diatas oven, bila ada ). Ini akan mengalirkan panas ke atas kue sehingga permukaan kue kering. Problem yang sering terjadi bila pakai oven aluminium, bawah kue masak / gosong atasnya masih basah ( lengket kalau dibalik ). Kalau bikin kuenya cuma 1 loyang, sebaiknya taruh di rak yang atas, jangan yang bawah sehingga permukaan kue kering dan bawah tidak gosong.
Saran lain, kalau bikin cake enakan dibuat jadi 2 / 3 loyang pendek, daripada satu loyang tebal. Yang pendek lebih sedikit butuh waktu pemanggangan sehingga kue masih lembab tapi sudah masak, sedang yang tebal seringkali kue jadi kering (jawa: sepo/seperti gabus/kayak makan ampas) karena proses memanggang yang lama. Untuk menumpuknya bisa diberi selai, cream, ganache, vla, dll so rasanya lebih enak ( enak kalau makan tengahnya ada kejutan daripada makan kue tebal....

Aku juga oven alumunium, waktu beli sih ada kaya termometernya. Tapi akhirnya tidak berfungsi ... Kemudian aku beli termometer oven di ace Hardware, kalau tidak salah harganya 40 ribu, kayanya ini harga diskon. Kalau menentukan besar api, aku tinggal melihat suhu di termometer saja, kalau belum sampai derajat yang diinginkan, dibsarkan apinya.

Aku juga suka pakai oven aluminium, intinya memang kalau pakai oven aluminium sebelum membakar kue, oven harus dipanaskan, tapi jangan pakai api besar, karena bisa berakibat kuenya matang tidak merata, sebaiknya pakai api yang sedang, kemudian sebelum dimasukkan ovennya dipanaskan dulu kira-kira 10 menit, kalau kira-kira sudah panas, baru masukan kuenya, dan karena oven aluminium tidak ada ukuran suhunya, maka kita harus rajin-rajin melihat kuenya sudah mengembang atau belum, tapi sebaiknya melihatnya dari  luar saja (lihat dari kacanya) setelah mengembang dan kecoklatan baru kita buka ovennya untuk melihat apakah kuenya sudah matang atau belum. Kalau memanggang kue coklat kita harus extra hati-hati, soalnya kan tidak kelihatan sudah coklat atau belumnya, maka dari itu api kompor jangan besar sekali cukup sedang saja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar