Selasa, 21 Oktober 2014

MAKANAN KAYA POTASIUM AMPUH TURUNKAN RISIKO STROKE


Makanan yang kaya potasium seperti pisang ternyata tak hanya enak tetapi juga bisa mencegah stroke dan risiko kematian akibat stroke pada wanita yang sudah beranjak tua. Sebuah penelitian baru di jurnal Stroke dari American Heart Association menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan kaya potasium memiliki risiko stroke yang lebih kecil.
“Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa konsumsi potasium bisa menurunkan tekanan darah. Namun belum diketahui apakah potasium bisa mencegah stroke dan kematian,” ungkap Sylvia Wassertheil-Smoiller, Ph.D dari Albert Einstein College of Medicine, Bronx, NY.
Peneliti pun melakukan pengamatan terhadap 90.137 wanita yang sudah mengalami menopause dan berusia 50 – 79 tahun. Mereka mengamati berapa banyak asupan potasium yang dikonsumsi oleh partisipan selama 11 tahun. Peneliti juga mengukur risiko stroke yang dimiliki partisipan.
Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti, antara lain adalah berikut ini seperti dilansir oleh Science Daily (04/09).
- Wanita yang makan potasium memiliki risiko terkena stroke 12 persen lebih rendah dan 16 persen lebih rendah terkena stroke ischemic.
- Wanita yang makan banyak potasium juga memiliki risiko kematian 10 persen lebih rendah dibandingkan yang kurang mengonsumsi potasium.
- Di antara wanita yang tidak memiliki tekanan darah tinggi, wanita yang makan lebih banyak potasium memiliki risiko terkena ischemic stroke 27 persen lebih rendah dan 21 persen lebih rendah terkena semua jenis stroke.
- Di antara wanita yang memiliki tekanan darah tinggi, wanita yang mengonsumsi banyak potasium memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan yang kurang makan potasium.
Peneliti menyarankan agar wanita lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung potasium, misalnya dari pisang, kentang, dan lainnya. Namun mengonsumsi potasium juga tak boleh berlebihan, karena kadar potasium yang terlalu tinggi pada darah juga membahayakan jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar